Losari Cyber Beach 2

Akhirnya berkesempatan…

Tadi siang, setelah bertandang ke UMI untuk acara workshop Linux tanggal 2 nanti, saya dan Fadly ‘singgah’ untuk makan siang sekaligus ‘menjajal’ HotSpot Telkom di Pantai Losari.

Ternyata benar, panjang banget! dari Rumah Jabatan Walikota (dekat Pintu Gerbang Tanjung Bunga) sampai MGH, dipenuhi logo Telkom Hotspot. Kami sendiri mencoba dari area dekat Hotel Imperial Aryaduta (Sedona), dan ‘konek’ ke Access Point dengan nama Hotel tsb.

Rata-rata kecepatan cukup baik, saya melakukan percobaan di speedtest.net, hasilnya cukup memuaskan, jika melakukan test dari Server di Singapura, kecepatan rata-ratanya 250 kbps untuk download dan 190 kbps untuk upload.

Nah, sekalian dari situ pula saya mengirim laporan ke milis LUGU.
Sebenarnya dengan adanya hotspot gratis ini, setengah dari mimpi saya sudah jadi kenyataan. Sebuah ruang publik, terbuka, dengan akses internet kecepatan (cukup) tinggi, gratis pula.

Setengah, soalnya cuma sebulan! 😛

Bukan cuma hotspot ini, ada koneksi kecepatan tinggi lain yang setahu saya baru ditawarkan di Makassar, produk Indosat M2. Dengan slogan 3.5G, koneksi hingga 2,6 Mbps menggunakan modem pcmcia atau usb. Tapi sayang harganya masih lumayan tinggi, apalagi kalau harus beli modemnya 🙂 Memang ada paket gratis modem, tapi minimum kontrak 1,5 tahun, dan quota perbulan untuk paket standar dipatok 1 GB untuk Rp 300.000,- perbulan. Hitung punya hitung, kayaknya masih cukup mahal. Makanya realisasi mimpi saya cuma _setengah_!

BTW, sedikit narsis, tapi berhubung cuma ini satu-satunya foto dokumentasi kejadian di atas, ya ini ajalah fotonya 🙂
Soalnya, kopdar tanpa foto adalah Basb… Ah, sudahlah!

Nge-HotSpot Gratis di Losari

Keterangan Foto (cropped for unspecified security reasons) :
Lokasi: Sunshine Kopi Tiam, sebelah Hotel Imperial Aryaduta, Pantai Losari Makassar.
Model: gelas, laptop, cabe (botol), piring nasi goreng, tomat di atas piring, tangan saya (beserta jam), sedikit rambut saya dan 2 orang di belakang itu… nggak tau siapa!
Fotografer: Fadly (internux)
Camera: Kodak Z740 Zoom Digital Camera

2 Replies to “Losari Cyber Beach 2”

  1. tapi tapi..
    di sana di mana ya yang bisa colok mencolok.. soalnya laptop saya cuma bisa tahan 30 menit pake wireless 🙁 huhuhu dasar laptop tua 🙁 tadi nyoba deh asik2 ceting langsung off :))

    btw rumahmu ga dapat wifi nih john? 😀

  2. hehe.. setauku sih belum ada. Tapi saya ada skenario, coba ko jalan2 ke Stella Maris, naik ke lantai yang sepi (4 atau 5), pura-pura berobat atau apa, trus cari colokan… 🙂

    Rumahku sudah terlalu jauh dari MGH bela.. wifi nda dapat, mudah2an wiMAX dapat (konon katanya 2008 be) 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*