Update!

Salah satu pekerjaan rutin saya adalah..
update
Updating Windows!
Bulan ini, setidaknya ada 8 Update yang harus di-download oleh pengguna Windows XP Service Pack 2, seperti saya di rumah (dual-boot) dan hampir semua PC di kantor kami. Update ini hampir semua adalah Security Update for Windows XP. Satunya adalah Critical Update for IE for Windows XP SP 2, dan yang terakhir Update untuk Malicious Software Removal Tool, dengan kode KB, KB890830 (sampai hafal, karena tiap bulan pasti ada selama 9 bulan terakhir ini!).

Di Linux, saya juga sering melakukan update, dan jumlah update di linux (Fedora tepatnya) lebih banyak daripada update di Windows. Namun yang membedakan ialah komentar dan jenis updatenya. Di Windows, hampir semua update adalah Update dengan alasan keamanan (Security), yang mana bila tidak di-update, ada resiko untuk terkena virus, worm, spyware, atau sebangsanya. Pasti ada hole ini atau itu, yang memungkinkan tereksekusinya kode berbahaya yang dapat merusak di Windows.

Cukup berbeda dengan update di Linux. Update yang tersedia di Linux tidak melulu bersifat tambalan terhadap kelemahan atau hole software, tetapi lebih kepada update yang benar-benar update :), yaitu penambahan fasilitas atau perbaikan fitur dari software tersebut. Lupakan soal worm, virus dan sebangsanya. Jadi update di Linux, benar-benar update, sementara di Windows? Saya lebih suka menyebutnya, Patch, atau Tambalan 🙂

Makanya, Pakai Linux!
(susahnya menjadi orang dual-boot :P)

2 Replies to “Update!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*