Berpikir untuk pindah hosting

Entah mengapa, 2 kali sudah terjadi, blog jelek ini kena sesuatu… sepertinya kesalahan ada di server web tempat saya menaruh blog ini. Baru-baru ini memang ada perubahan DNS, tapi setahu saya, saya sudah mengikuti perintah seperti yang disarankan penyedia hosting. Waktu itu 3 post saya hilang begitu saja (memang 3 postingan itu adalah yang terbaru), kemudian karena tidak ada waktu untuk menyelidiki, saya abaikan saja dengan cukup dongkol. Beberapa hari kemudian, blog ini kembali ‘normal’ dimana 3 post itu kembali muncul dan 1 posting dimana saya ‘mengeluhkan’ hilangnya 3 postingan saya itu justru yang hilang… Ketika itu saya sempat mengganti theme blog ini, begitu pula melakukan perubahan pada sidebar untuk plugin yang saya pakai. Saya pikir semua berjalan normal sejak itu.

Tapi, hari ini saya terpaksa harus menghabiskan berjam-jam untuk kembali mengutak-utik blog ini, soalnya semua perubahan saya yang waktu itu tadi pagi hilang. Termasuk 3 postingan yang saya sebutkan, dan justru ‘keluhan’ itu yang muncul kembali (namun saat ini sudah saya hapus). Untung saja ketika menginstal theme baru, saya sempat melakukan backup database, dari situlah saya berhasil dapatkan kembali 3 posting saya yang hilang itu. Belum lagi kondisi server yang sepertinya cukup berat & sibuk, karena ketika melakukan perbaikan-perbaikan ini, sering sekali muncul pesan error dimana tidak bisa dilakukan koneksi ke database MySQL oleh WordPress maupun ketika saya menggunakan phpmyadmin.

Entahlah, mungkin karena menggunakan paket hosting termurah, ini konsekuensi yang harus dihadapi oleh pelanggan kacangan seperti saya ini. Siang tadi ketika mulai menulis posting ini saya sempat jalan-jalan melakukan survei harga ke beberapa perusahaan hosting. Harganya masih lumayan mahal memang jika dibandingkan dengan yang sekarang dimana saya cukup membayar sekitar 160ribu untuk 1 tahun domain dan hosting 100MB dengan trafik 1GB dan berbagai fasilitas unlimited di sini-sana. Saya lihat di beberapa perusahaan lain dengan fasilitas segitu, kita harus menyediakan dana minimal 300an ribu rupiah setahun, itupun tidak selengkap/sebanyak yang ditawarkan perusahaan saat ini.

Jadi, gimana ya? Pindah nggak ya? Domain sih masih lumayan lama kalo mo ditungguin, masih sampai 2009… kalaupun jadi pindah, kayaknya bakalan banyak kerepotan juga di sini-sana, soalnya mindahin weblog jelek ini nih yang ribet 🙂

Ah ntar aja lah, sekarang masih banyak kerjaan nih… cu l8r lah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*